Rabu 30 oktober 2010, terlaksana dengan baik seminar Guerrilla Marketing oleh Jay conrad Levinson.
Pendaftaran masuk di buka pukul 12.30, Stand di buka didepan Chapel UNAI, dan dijaga oleh Panitia yang telah dipercayakan.
Jay Datang ke UNAI tepat pukul 13.00, kemudian disambut oleh Rektor dan dekan fakultas ekonomi berserta rekan lain.
Dekan Fakultas ekonomi menyambut dengan mengalungkan bunga kepada Jay Levinson, dan memberikan bunga ke Jenny istry Jay.
Untuk memulai acara Seminar, peserta seminar menyanyikan lagu indonesia raya yang diikuti dengan HIMNE UNAI. Untuk Doa buka dipimpin oleh bapak B.D Nainggolan
Kemudian Persembahan spesial dari UNAI Angklung, mempersembahkan lagu dari Sumatra utara, dan lagu rohani. Membuat terpesa dan kesan yang menarik bagi peserta seminar.
Kata sambutan pertama dibawakan oleh Samuel marbun sebagai ketua HIMA fekon,
kata sambutan kedua oleh Bpk Hanz Mandalas sebagai Promotor seminar Guerrilla
kata sambutan ketiga oleh Ibu C Tobing selaku Pembantu rektor 1
kata sambutan terakhir oleh Bpk R Hutabarat selaku President of UNAI
kata sambutan kedua oleh Bpk Hanz Mandalas sebagai Promotor seminar Guerrilla
kata sambutan ketiga oleh Ibu C Tobing selaku Pembantu rektor 1
kata sambutan terakhir oleh Bpk R Hutabarat selaku President of UNAI
Setelah selesai kata sambutan, kemudian dilanjurkan dengan FEKON Choir in Action, (In the Jungle)
Setelah itu Pembacaan Profile Jay Levinson oleh Wiwi dewi Lestari.
Waktunya mendengar (Keep Slience Please)
Maximize your Profits, Minimize your spending !!!
Apa itu Guerrilla marketing??
Guerrilla menerangkan hubungan dengan semua orang di luar perusahaan.
Marketing adalah suatu proses, bagaimana anda membuat uang yang dimulai dengan ide anda supaya semua pelanggan anda selalu kembali ke bisnis anda.
Marketing selalu menarik!!
Marketing adalah menolong mereka untuk mencapai tujuan mereka
Guerrila mulai muncul tahun 1984 dan sekarang menjadi sangat sukses kerena 2 hal yaitu;
1. Sangat sederhana dan tidak sulit ( Mudah dipahami )
2. Selalu bisa dijalankan
Bagaimana cara menjalankannya?
"Guerrilla sangat mudah dan bisa juga sangat sulit"
Lalu apa yang diperlukan ??
Guerrilla Marketing berbeda dengan Marketing Tradisional.
Apa yang menjadi perbedaan ??
1. TM = You must invest MOney
GM = Tidak perlu invest uang, tetapi waktu, energi, dan kemampuan andalah
2. TM = Perusahaan Besar dan memiliki uang/ modal yang besar
GM = Membentuk usaha kecil yang uangnya sedikit namun berarti
bagaimana cara anda memasarkan ide anda sedangakan uang anda tidak ada /kurang??
pertanyaan ini datang dari Bill Gates, Michael Dell, dan Steve Job.
Guerrilla marketing do not lose money, because they understand what is profit.
3. GM = Menggunakan psikologi Human be behavior, bukan menduga-duga. 90% dari semua pembelian yang kita lakukan, lakukan tanpa sadar.
akses bawah sadar manusia (psikologi)
pembelian berulang-ulang = memberikan kesuksesan
4. Bertumbuh, Perusahaan, jangan lakukan diversifikasi produk. Fokus pada produk anda, ditambah kualitas pada produk anda.
5. TM = Bertumbuh secara linier
GM = Bertumbuh secara geometri
tambah transaksi dari pelanggan tiap tahun
6. TM = Transaksi selesai setelah menjual. ini adalah anggapan yang salah.
GM = Melakukan follows up yaitu kontak seumur hidup dengan pelanggan.
7. TM = Lihat sekeliling anda bisa menghancurkan anda
GM = hati-hati dengan kompetisi ,tetapi lakukan kolaborasi
8. TM = bisnis memerlukan logo untuk menunjukan bisnis itu
GM = MEME = Comminicate idea instently yaitu tidak perlu kata-kata ,waktu, dan semua mengerti artinya.
9. TM = memikirkan apa yang bisa saya dapat??
GM = apa yang bisa saya berikan agar mereka hidup lebih baik
10. TM = Berbicara tentang perusahaan, produknya, dan hanya saya.
GM = Berbicara mengenai mereka.
11. TM = iklan bisa menghasilkan jika anda punya website anda akan berhasil
GM = kombinasi marketing itulah yang belaku
12. TM = di ujung bulan, perusahaan akan menghitung uang.
GM = di ujung bulan akan menghitung berapa banyak relasi mereka.
13. GM = Teknologi sekarang tidak mahal dan mudah dipelajari
14. TM = Semakin besar grup, semakin bagus.
GM = Perorangan ,semakin kecil, semakin bagus.
kita hidup di era nano casting, dimana iklan tidak dibutuhkan
nano casting, fokuskan penjualan anda pada sedikit custumer yang membeli produk anda.
15. TM = Mengutamakan media cetak dan elektronik. mereka tidak memperdulikan detail
GM = Pedulikan detail : pada kebersihan (Mc Donald-Wc), perhatikan setiap detail.
16. TM = anda bisa menghasilkan sales melalui marketing.
17. TM = Monolog speaker, monolog reading, monolog listerer
GM = Dialog use internet for inter-activities, menggunakan feedback dari pelanggan dan membangun relasi.
18. TM = Menjual keuntungan dari produk.
GM = Menjual solusi untuk suatu masalah, GM menjual problem dan memberi solusi
19. GM = Menjual apa yang mereka butuhkan dan mereka mengingat anda
20. TM = Mereka hanya menggunakan sedikit senjata marketing (Radio, Tv, media cetak, dll)
GM = 200 lebih senjata marketing (www.gmarketing.com) sangat tidak mungkin tidak beruntung jika anda memiliki senjata ini.
Inilah perbedaan marketing abad 20 dengan sekarang ( abad 21 )
Jurus ampuh GM - ENT
1. Commitment
Marlboro - tahun pertama menghabiskan 18 juta dollar, menggunakan koboy sedang menunggangi kuda.sampai sekarang masih tetap dengan semboyan yang sama dan memberikan hasil yang baik, menjadi nomor satu di Amerika
2. Service
3. Quality
jangan merubah cara pikir anda.4. 14% mengatakan harga tidak terlalu penting 86% ada yang lebih penting dari harga.
5 = Price4 = Selection
5. Confident
6. Be Patient
7. Time is money = NOt true, time is LIFE
8. Subsequent
9. Interest
10.Measurement
11.Involment
12.Dependent
13. Arnoment
14.Consent
15.Content
16. Menyerang secara Gerilyawan.
17. Congruent
18. Experiment
19.Expalain what you do in this hall right now. Knowledge is the key for succesfull life.
20. Implement
How to succed in Guerrilla Marketing attact
1. What Physical action you want they to do??
2. Keuntungan yang anda berikan kepada klien anda.
3. Target anda
4. List of marketing weapon
5. Tells what you stand for.
6. Tells your identify and company personality.
7. Budget
10 Step GM attack
1. Research your market
2. List the benefit that you offer
3. Select the GM weapon you will use
4. Menciptakan Geurrilla Plan
5. Tuliskan Kalender untuk proyeksi satu tahun pemasaran anda
6. Mencari Marketing gabungan sebagai partner anda.
7. mulailah usaha anda dengan pelan-pelan, sabar, dan ikuti tahap no.5
8. Maintain your attack
9. Catat marketing weapon yang berjalan, dan lakukan terus, dan yang gagal, hentikan.
10. Improve your budgets, result.
Question and Answer
1. How many markets do you have?
there are 3 markets:
a. Universe market
b. Prosfect market
c. Talking to your custumer - custumer market
2. what is your obligation as Guerrilla??
tingkatkan pelanggan anda dan utamakan pelayanan
3. who are your allies ?
a. employee
b. Custumer
c. Partner
4. who is your energy ?
ketidakpedulian kepada custumer
ada berapa bisnis anda ??
a. Product Business
b. Marketing Business
c. Service Business
d. People Business
5. Apa defenisi kreatifitas dalam marketing ?
apapun yang bisa menghasilkan keuntungan.
6. Dari mana datangnya Kreatifitas ??
dari Knowledge
7. Kapan saat yang paling baik meluncurkan serangan ?
a. 20 tahun yang lalu
b. Hari ketika anda selesai kuliah.
Setelah Selesai mendengarkan Guerrilla Marketing, Pemberian penghargaan kepada Jay Levinson, Bpk. Haz Mandalas, Bpk. B Tamba.
Semua Mahasiswa memberikan apresiasi, memberikan sambutan hangat atas penjelasan yang sangat jelas yang disampaikan oleh Jay Conrad Levinson, Memberikan keterangan, bagaimana menjadi seorang Gerilyawan yang baik dan menjadi sukses dalam Guerrilla Marketing
Untuk Menutup Seminar, Bpk M.R Simbolon selaku Pembantu rektor 2 Menutup dengan doa.
andre, praise the Lord, ganti itu.
BalasHapus